Virus Corona Ancam Bergulirnya Euro 2020

Virus Corona – Seiring berjalannya waktu, wabah Virus Corona kian mengancam keselamatan penduduk dunia. Wabah tersebut bahkan telah memasuki dunia sepak bola. Beberapa pemain sepak bola dunia dikabarkan telah terjangkit dan beberapa harus meregang nyawa setelah berhari-hari dirawat di rumah sakit.

Penyebaran wabah yang disebut Covid-19 ini telah mencapai daratan Eropa. Italia menjadi lokasi terparah yang terjangkit virus ini.

Dengan kondisi tersebut, beberapa pihak menyarankan agar Euro 2020 ditunda untuk sementara waktu. Namun, FIFA sebagai induk federasi sepak bola dunia hingga kini belum memutuskan kelanjutan kompetisi akbar tersebut.

Euro 2020 Protes Berbagai Pihak

Informasi Judi Online – Kompetisi sepak bola akbar antar negara se-Eropa, Euro 2020, rencananya akan digelar pada 13 Juni hingga 12 Juli 2020. Namun, jadwal tersebut dikabarkan akan mundur dari kesepakatan awal.

Sejumlah petinggi federasi sepak bola Eropa menyarankan FIFA dan UEFA untuk menunda pelaksanaan Euro 2020. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh ancaman Virus Corona yang belum bisa distabilkan hingga detik ini.

Salah satu yang memberikan tanggapan tentang hubungan wabah tersebut dengan Euro 2020 adalah Damiano Tommasi. Presiden Federasi Sepak Bola Italia (AIC) tersebut meminta UEFA untuk memundurkan jadwal pelaksanaan Euro  2020.

Seperti yang diketahui, Italia merupakan wilayah eropa terparah yang terdampak virus Corona. Beberapa laga Serie A dan Copa Italia pun sempat ditunda. Bahkan, dalam setiap pertandingan yang berlangsung, para supporter dilarang hadir ke stadion untuk meminimalisir penularan Virus Corona.

Italia juga merupakan salah satu negara yang ditunjuk UEFA sebagai tuan rumah Euro 2020. Tiga laga penyisihan grup A, termasuk pertandingan pembuka Euro 2020 akan dilangsungkan di Stadion Olimpico Roma.

Tommasi menyarankan pengunduran jadwal tersebut sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi kemungkinan buruk ke depannya. Ia juga meminta agar diberi kesempatan untuk menyelesaikan kompetisi Serie A terlebih dahulu sebelum menyelenggarakan Euro 2020.

Belum Ada Kejelasan

Untuk menindaklanjuti berbagai laporan terkait virus Corona yang dihubungkan dengan keamanan dan keselamatan penduduk di Euro 2020, UEFA memberi tanggapan. Mereka mengadakan pembahasan khusus pada Kongres Tahunan UEFA di Amsterdam, Senin (2/3) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan dari 55 asosiasi sepak bola Eropa saling memberikan pendapatnya terkait kasus ini. Para petinggi federasi sepak bola Eropa tersebut saling bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah ini.

Sayangnya, di akhir kongres, UEFA belum memberi keputusan terkait perubahan jadwal Euro 2020. Mereka menyatakan, untuk sementara waktu, pelaksanaan kejuaraan tersebut masih berdasarkan jadwal awal yang telah disepakati bersama.

Melalui perwakilannya, UEFA menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan penelusuran lebih lanjut dengan otoritas kesehatan internasional dan pemerintah setempat. Mereka berharap, wabah tersebut tidak mengganggu jalannya kompetisi.

Antisipasi Kecurangan

Kumpulan bandarqq – Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada perubahan jadwal Euro 2020 selama belum ada keputusan dari pusat. Ia pun membeberkan alasan terkait jadwal yang tidak diubah meski wabah Virus Corona semakin menjadi-jadi dalam beberapa bulan terakhir.

Ceferin mengatakan pihaknya tidak ingin isu Corona ini menjadi jalan masuk para mafia yang ingin menjalankan skenario gelap. Ia juga mengaku telah mengetahui sejumlah orang di luar sana tengah bertaruh dan memprediksi Euro 2020 akan ditunda karena wabah Corona.

Namun, di samping itu, Ceferin menyatakan bahwa kesehatan dan keselamatan setiap orang menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, Ia akan mencoba untuk mengesampingkan isu kecurangan dan skenario gelap tersebut. Pihaknya juga akan berkoordinasi secara intens dengan otoritas kesehatan internasional untuk menentukan pelaksanaan kompetisi akbar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *